Tips Membeli Bass Elektrik

Vensa - Tips n trik Membeli Gitar Elektrik. Pastinya ketika anda ingin membeli sebuah bass elektrik yang anda inginkan adalah yang terbaik untuk anda dari segi apapun, Nah langsung aja dibawah ini adalah

Tips Membeli Gitar Listrik

beli bass beli bass akustik beli bass untuk pemula beli bass fender beli bass kredit beli bass second beli bass drum beli bass trap beli bass online beli bass gitar beli bass murah beli bass akustik beli bass untuk pemula beli bass fender beli bass beli bass kredit beli bass second beli bass drum beli bass trap beli bass online beli bass akustik beli ampli bass jual beli ampli bass jual beli bass akustik beli bass bagus jual beli bass bekas jual beli gitar bass bekas jual beli bass di bandung beli bass cort beli bass custom beli contra bass beli bass drum jual beli bass di bandung beli efek bass jual beli bass elektrik beli senar bass elixir jual beli efek bass beli bass fender beli bass gitar beli bass guitar beli bass g&l beli gitar bass online beli gigbag bass jual beli bass gitar jual beli bass guitar tips beli gitar bass beli wireless guitar/bass jual beli gitar bass bekas jual beli bass hadroh harga beli bass beli bass ibanez beli fender jazz bass jual beli bass jual beli bass second jual beli bass bekas jual beli bass gitar jual beli bass guitar jual beli bass elektrik jual beli bass hadroh jual beli bass murah jual beli bass listrik beli bass kredit beli bass listrik jual beli bass listrik beli bass g&l beli bass murah beli bass mtd beli bass musicman jual beli bass murah beli gitar bass murah beli bass online beli gitar bass online beli pickup bass beli ikan peacock bass beli peacock bass beli bass second beli bass squier beli senar bass elixir beli senar bass jual beli bass second beli softcase bass beli strap bass beli gitar bass second beli bass trap beli bass tube beli tuner bass tips beli bass beli bass untuk pemula beli upright bass beli bass warwick beli bass yamaha

Genre

Sebelum nerusin ke tips berikutnya ada baiknya hal-hal ini dipikirkan dulu:

o genre apa yang mau dimaenin (pop,rock,blues,jazz,etc),
o gaya maen/playing style agan mau kaya gimana (maen basslines,slap-pop,strum,etc)

Soalnya beda genre atau playing style maka karakter sound yang dibutuhkan pun akan berbeda pula.

Kebutuhan & Budget

Agan2 butuh bass buat apa? Belajar? Latihan? Ngegig? Recording? Yang jelas dulu tujuannya.
Kalo udah tau tujuannya, sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Kalau buat belajar ya ga perlu beli yg kelas high-end dulu, yang mid/low-end juga cukup (tapi tetep cari yg bagus )

Merk

Nah, sekarang anda pilih2 merk bass. Anda bisa konsultasi dulu sama guru, temen yang uda ngerti, Biasanya tiap merk uda ada ciri khasnya masing2
Contoh: Fender yang terkenal dengan Jazz Bassnya.

Alternatif lain: bikin bass custom! Tapi, buat yang satu ini anda harus tau, ngerti, dan kebayang karakter sound yg mau dihasilkan. Pemula/Newbie mending beli jadi aja...

Jumlah Senar

Kalau pakai senar 4 nadanya standar (4E, 3A, 2D, 1G) kalo pake senar 5 untuk mendapatkan nada low/rendahnya (5B, 4E, 3A, 2D, 1G) kalo pake senar 6 untuk dapat nada tingginya (6B, 5E, 4A, 3D, 2G, 1C). nah...itu semua tergantung kebutuhan anda bermusik. untuk senar 5 biasanya untuk metal-metalan. kalo senar 6 untuk jazz-jazzan. tapi bukan berarti semakin banyak senarnya maka bassist itu semakin jago. yang penting adalah gimana bassist itu dapat tampil maksimal dengan memanfaatkan senar bassnya. buat apa senarnya banyak tapi bassist tersebut hanya menggunakan senar 1-4 saja.

Faktor utama yg mempengaruhi bagus ngganya musik yg dihasilkan adalah player, kedua baru gearnya. Contoh: Victor Wooten biar cuma pake senar 4 tapi maennya edun! Mas Indro Hardjodikoro maen bass 6 senarnya juga gila!

Jenis Kayu

Beda Kayu Beda Sound yang dihasilkan. Bass terdiri dari 2 main part: Neck and Body, dan bahan kayu yang dipakai untuk keduanya pun biasanya berbeda. Neck sendiri masi terdiri dari neck itu sendiri dan fretboard. Kombinasi kayu neck, fretboard, dan bodi inilah yg menghasilkan karakter dasar suatu bass.

Elektronik

  1. Pickup 

Yang paling umum dipakai ialah pickup magnetic. Ada satu jenis lagi selain pickup magnetic yaitu piezoelectric. Pickup magnetic sendiri ada beberapa jenis: 
Single Coil
        Pickup ini menggunakan satu lilitan(coil) melilit bagian magnetik pickupnya. Sound yg dihasilkan pickup ini biasanya bright and clear. Ada 2 jenis:
 ~ Jazz Bass (J). Pickup ini penampakannya kurus n panjang. Biasanya dipake sepasang, deket neck 1, deket bridge 1. Sound yg dket neck biasanya clear, fat, airy. Sedangkan yg deket bridge biasanya punchy n tight.
~Split-Coil. Terkenal gara-gara Fender P-Bass. Soundnya cenderung clear, fat. Sering dikombinasi juga dgn J-Bass pickup spy menghasilkan tone tertentu.      
J-Bass
Split-Coil
Dual-Coil
        Atau disebut juga Humbucker karena pickup ini menghilangkan "hum"/"buzz"/"noise" yang ada di pickup single-coil. Pickup ini terbuat dari 2 pickup single-coil(makanya namanya dual..hehe). Soundnya cenderung lebih fat dan lebih rich. Yang suka sound vintage bisa mendapatkannya di pickup ini.

        Soapbar
        Sesuai namanya, pickup ini emang penampakannya mirip sabun batang, gan. Nah, soal karakter sound, pickup ini yg paling random. Soalnya tergantung pickup apa yg ada di dalam sabun batang. Kalo mau tau karakternya harus nyobain langsung.

Selain itu, pickup bisa dibagi juga menjadi 2 jenis: Pasif dan Aktif.
Cara membedakan gampang. Kalo yg Aktif pake batere kalo pasif ngga.

Kenapa aktif pake batere? Soalnya Pickup aktif ada pre-amp, jadi kita bisa cut and boost frekuensi suara yg keluar sehingga lebih leluasa dalam mengontrol tone yg keluar. Kontrolnya sendiri tergantung dari pre-amp yg dipasang di pickupnya. Output Pickup Aktif lebih loud dibanding Pickup Pasif. Pickup aktif cenderung lebih bright, clear, dan snappy.

Pickup Pasif merupakan pickup yg pertama digunakan di gitar bass elektrik. Pengontrolan tone yang keluar dari pickup pasif lebih terbatas, kita cuma bisa cut frekuensinya. Karakter Pickup Pasif lebih warm, full, dan round. Kecenderungan tonenya yang fat juga punchy membuat pickup ini disukai.

Efek

Ini juga tergantung kebutuhan anda saat bermusik. Kalau anda main musik gak butuh suara-suara yang aneh. Mendingan pake preamp aja.
Efek itu dibagi 2 kategori yaitu :
- Efek support : Efek yang tidak mengubah suara aslinya hanya memperbagus kualitas suara bassnya.
- Efek manipulasi sound : efek yang mengubah suara bass sesuai dengan efeknya.
Tapi kalo Anda butuh eksplorasi sound mendingan pake efek. Kalo masalah merk itu tergantung selera dan kebutuhan juga. Selera dan kebutuhan orang gak selalu sama. Kalo masalah ini mendingan coba aja sendiri. Karena semua merk punya kelebihan dan kekurangan.

Konstruksi

Ada 2 buat neck: Neck-thru & Bolt-on. Yang ini cuma beda di sustain, Neck thru lebih sustain aja.

Ada beberapa istilah juga yang muncul kalau anda suka liat spec bass:

~ Laminated: Kayu yg digunakan bukan kayu solid, tapi dalam bentuk lapisan multiplek. Karakternya tidak sepadat bodi dari kayu solid
~ Chambered: Bodinya dilubangi, hollow-body kali ya?
~ Veneer: Ada corak di atas bodi, lapisannya tipis. Ga efek ke tone.

Usahakan cari bass yang terdiri dari 3-4 piece kayu, makin banyak piecenya makin jelek.

Pertimbangkan kenyamanan dalam menggunakan bass, biar gimana juga anda yg bakal pake kan? Ini termasuk bentuk neck (tebel/tipis,gede/kecil), bodi(berat/ringan), sama bentuknya anda suka ga?

Cobain!

Terakhir, Coba sebelum membeli! Ini berlaku buat beli baru maupun seken. Pada akhirnya, anda yang bakal make bass tsb., anda sendiri harus tau dan suka ama suaranya. Kalau belum ngerti ajaklah guru les, ato temen agan yg uda ngerti dan bisa agan percaya.

Buat yg beli seken, wajib cek detil. Saya saranin cek elektronik (pickup) sama necknya. Keceng neck, kalo cembung/cekung sedikit biasanya masi bisa diperbaiki, tapi kalo uda melintir lebih baik jangan beli.

Nah sekian Trik & tips Membeli Bass Elektrik

Sumber : Kaskus

0 Response to "Tips Membeli Bass Elektrik"

Post a Comment